IKLAN

Profil

Sekilas Tentang Unit Domestic Gas
Unit Domestic Gas merupakan salah satu unit bisnis di Pertamina yang memasarkan LPG dan produk-produk gas lainnya di Indonesia. Sejak tahun 1968, Unit Domestic Gas telah berkomitmen untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia dengan menyediakan LPG sebagai bahan baku dan bahan bakar Industri, Rumah Tangga, dan Komersial dengan menggunakan brand "Elpiji". Akhir-akhir ini, Elpiji menjadi lebih dikenal dan dekat dengan masyarakat karena adanya program Pemerintah untuk mengkonversi Minyak Tanah dengan Elpiji, yang ternyata telah terbukti lebih ekonomis, efisien dan ramah lingkungan.
Dalam era langit biru, Gas Domestik memegang peranan penting dalam menyukseskan program ini. Disamping Elpiji, sejak tahun 1987 Unit Domestic Gas juga telah menyuplai bahan bakar gas dengan menggunakan CNG (Compressed Natural Gas), dibawah brand "BBG". Pada tahun 2004 diluncurkan brand "Musicool", suatu hidrokarbon refigerant yang ramah lingkungan, menjadi satu bukti dari komitmen kami untuk mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik karena menjaga lapisan ozon dari kerusakan dan efek pemanasan global. Pada tahun 2009 Unit Bisnis Domestic Gas meluncurkan produk baru yaitu produk Elpiji premium dengan brand Ease Gas. Produk Ease Gas dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pasar rumah tangga menengah keatas dan industri. Ease Gas dipasarkan dalam dua kemasan tabung yaitu tabung 9 Kg dan tabung 14 Kg, dijual dengan harga keekonomian dengan keunggulan dibandingkan produk Elpiji lainnya yaitu :
  1. Kualitas dan tampilan tabung yang lebih elegant dengan warna kuning keemasan mengkilat, bersih dan terbuat dari baja terbaik berstandar SNI.
  2. Valve tabung Ease Gas dilengkapi dengan technologi double spindle sehingga memberikan tingkat safety yang lebih baik.
  3. Layanan prima dengan layanan antar ke tempat konsumen atau melalui call center
    atau melalui contact Pertamina
Untuk lebih mendekatkan diri kepada konsumen, Unit bisnis Domestic Gas membagi wilayah pemasarannya menjadi enam area pemasaran yang dipimpin oleh Manajer Region yaitu :
  • Region I, melingkupi Provinsi NAD, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau Daratan dan Riau Kepulauan.
  • Region II, melingkupi Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung.
  • Region III, melingkupi area DKI Jakarta, Provinsi Banten dan Jawa Barat, Kalimantan Barat.
  • Region IV, melingkupi area Provinsi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.
  • Region V, melingkupi area Provinsi Jawa Timur, Bali, NTB, NTT.
  • Region VI, melingkupi area Kalimantan Timur, Sulawesi dan Papua.
  • Region VI, melingkupi atas area Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.
Saat ini, diversifikasi energi merupakan suatu keharusan dalam rangka mengantisipasi krisis minyak bumi disebabkan adanya kecenderungan penurunan cadangan minyak bumi. Bersama dengan Laboratorium dan Riset PT. Pertamina (Persero), Unit Domestic Gas mengembangkan LPG untuk transportasi, atau LGV (Liquefied Gas for Vehicle).
Menghadapi pemenuhan kebutuhan energy yang kian kompleks dan kompetitif, PT Pertamina ( Persero ) telah berkomitmen untuk melakukan transformasi bisnis disemua kegiatannya. Unit bisnis Domestic Gas secara terus menerus dan berkelanjutan mengembangkan produk produknya, untuk mendukung infrastruktur yang handal dan memberikan pelayanan yang lebih baik sera memberikan dukungan terbaik bagi pemerintah Republik Indonesia, masyarakat dan lingkungan.


Visi
"Menjadi Pemasar LPG & Produk Turunannya Kelas Dunia"

Misi
  1. Menjalankan usaha LPG & Produk Turunannya yang meliputi penerimaan, penimbunan, pendistribusian dan pemasaran yang terintegrasi berdasarkan prinsip-prinsip komersial yang kuat.
  2. Mempertahankan posisi sebagai market leader bisnis LPG & Produk Turunannya dalam negeri.
  3. Memberikan layanan dan benefit terbaik kepada stakeholder.

Tata Nilai Korporat (6C)
  1. Clean (Bersih) : Dikelola secara profesional, menghindari benturan kepentingan, tidak mentoleransi suap, menjunjung tinggi kepercayaan dan integritas. Berpedoman pada asas-asas tata kelola korporasi yang baik.
  2. Competitive (Kompetitif) : Mempu berkompetisi dalam skala regional maupun internasional, mendorong pertumbuhan melalui investasi, membangun budaya sadar biaya dan menghargai kinerja.
  3. Confident (Percaya Diri) : Berperan dalam pembangunan ekonomi nasional, menjadi pelopor dalam reformasi BUMN, dan membangun kebanggaan bangsa.
  4. Customer Focused (Fokus pada Pelanggan) : Beorientasi pada kepentingan pelanggan, dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.
  5. Commercial (Komersial) : Menciptakan nilai tambah dengan orientasi komersial, mengambil keputusan berdasarkan prinsip-prinsip bisnis yang sehat.
  6. Capable (Berkemampuan) : Dikelola oleh pemimpin dan pekerja yang profesional dan memiliki talenta dan penguasaan teknis tinggi, berkomitmen dalam membangun kemampuan riset dan pengembangan.

Susunan Manajemen


Kata Pengantar
Menghadapi persaingan bisnis migas yang kian kompetitif, Pertamina saat ini telah berkomitmen untuk melakukan transformasi bisnis di segenap kegiatannya. Sasaran utama transformasi ini adalah perubahan pola pikir, pola sikap dan pola tindak di berbagai unit kerja dan usaha guna mencapai efektivitas dan efisiensi finansial dan non-finansial yang berkelanjutan dan berkelas dunia. Unit Domestic Gas sebagai salah satu unit usaha di Direktorat Pemasaran & Niaga berkontribusi aktif terhadap suksesnya transformasi di atas. UGD saat ini tengah mensukseskan program nasional untuk mengkonversi penggunaan minyak tanah ke LPG 3 Kg dan program-program langit biru lainnya melalui pengembangan LPG untuk transportasi atau LGV (Liquefied Gas for Vehicle) dibawah brand ” Vi-Gas” dan BBG (Bahan Bakar Gas) serta ”Musicool” yang merupakan hidrokarbon refrigerant ramah lingkungan.
Unit Domestic Gas sangat memahami bahwa bisnis Elpiji dan produk gas lainnya saat ini juga telah mengalami peningkatan cukup pesat. Sejalan dengan itu, perlu adanya peningkatan dan perbaikan terus menerus melalui pengembangan produk, perbaikan sarana dan fasilitas infrastruktur pendukung kehandalan distribusi Elpiji dan produk gas, perluasan jaringan sistem keagenan dan peningkatan kualitas layanan pelanggan.
Penyusunan web site Gas Domestik didasarkan pada upaya untuk memberikan pelayanan terbaik dan penerapan Good Corporate Governance (GCG) yang lebih baik kepada konsumen. Selain itu, penerapan dan penggunaan fasilitas web site diharapkan dapat lebih mendukung kegiatan bisnis Elpiji dan produk –produk gas sejalan melalui semangat konsistensi mutu dalam peningkatan pelayanan penjualan Elpiji dan produk-produk gas pada konsumen serta menciptakan kemitraan yang lebih baik dengan stake holder melalui pelayanan sistem informasi yang lebih transparan dan informatif.
Harapan kami, web site Gas Domestik dapat menjadi sumber informasi dan jembatan antara Gas Domestik dengan seluruh stake holder yang terkait sehingga akan lebih mempercepat tercapainya kepuasan pelanggan.

Jakarta, Juni 2012
Vice President Domestic Gas


(Gigih Wahyu Hari Irianto)


Komitmen Kualitas
Unit Domestic Gas PT. Pertamina bekomitmen untuk selalu memberikan produk dan layanan terbaik. Komitmen kami buktikan dengan memperoleh standar internasional Sistem Manajemen Kualitas, ISO 9001:2000.

No comments:

Post a Comment